Kalakarya Kraksaan 2013

Kalakarya, Kraksaan, Agus CN, Puskesmas Kraksaan, Kecamatan Kraksaan

Karena dirasa cukup menarik mengambil kesepakatan pada para pelaku kesehatan dalam bentuk kalakarya, maka program-program yang mengusung misi MDG’s pun akhirnya merapat di sini. Satu yang paling menonjol di Kecamatan Kraksaan ini sejak pertama saya jadi kapus adalah ketidaktersediaan data balita dengan lengkap. Padahal bila kita ingin mengetahui berapa banyak balita yang menderita gizi buruk seharusnya ada database yang cukup lengkap menggambarkan sebaran balita dan indikator-indikator yang mengggambarkan bagaimana gizi buruk di Kecamatan ini sesungguhnya.

Satu-satunya data yang menyebabkan Kraksaan menjadi sasaran Kalakarya adalah tingkat kehadiran di Posyandu yang sangat rendah (62%). Memang bila mengingat Kraksaan adalah perkotaan maka gambaran penduduknya adalah sudah mulai sadar secara pribadi mendatangi penyedia pelayanan termasuk dokter spesialis, sehingga jarang sekali kami bisa mendapatkan data lengkap. Namun juga tingkat pendidikan yang tentunya lebih daripada yang berada di kecamatan spesifik pedesaan, tentunya lebih mudah dimobilisasi ke tempat-tempat pelayanan.

image

Data ini ketika saya sampaikan pada pak Camat yang waktu itu sedang menemani bu Kadin di Pringgitan (teras rumah dinasnya pak Camat), menjadi geram luar biasa ..
Steaming mad Steaming mad Steaming mad

Kalakarya Kraksaan 2013

“Huahh!!! Kraksaan yang saya bangga-banggakan sebagai Kota ini ternyata angkanya paling rendah sekabupaten??!!” Mukanya merah dan berlanjut pada saat memberikan pengarahan kepada kader dan pak Tinggi (kepala desa). “Saya barusan dikabari pak Dokter bahwa posyandu kita ini ngga laku. Dan pengunjungnya cuma 60% balita. Saya pikir yang namanya posyandu ini aman-aman saja. Ini benar-benar mengecewakan!” saya sudah khawatit bakal ikut disemprot tapi ternyata dapat pemakluman. “Memang begini resikonya pergantian pimpinan, Kraksaan itu tempatnya senior-senior, jadi kalo data-data yang tadinya tidak diperhatikan dan sekarang Pak Dokter memberitahukan saya bahwa kita ternyata paling belakang, ini harus kita ambil langkah serius untuk menanganinya”

Kalakarya Kraksaan 20131

Acara diakhiri dengan memberikan komitmen dari semua pelaku kesehatan. Mulai dari pak Camat, Saya, pak Tinggi (kades) dan kader beserta komponen lainnya.

[draguscn]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s