Pembinaan Desa Siaga Sumberlele

BB 9810 025Pembinaan dan evaluasi Desa Siaga Sumberlele memang kegiatan yang diadakan dinas kesehatan. Puskesmas disini justru perannya adalah pembina desi yang mempertanggungjawabkan hasil binaannya. Sayangnya saya belum begitu hapal angka-angka pada saat pembinaan berlangsung. Jadi banyak juga saya harus sms-an dengan beberapa orang pengelola program.

Well, sebenernya kalo temanya pembinaan boleh diadakan dadakan dan yang dilihat adalah kekurangan. Jadi sebenernya sah-sah saja kalo kurang, kan kemudian akan diperbaiki.

Namun karena jadwal pembinaan sudah diberikan jauh hari maka desa pun sudah bersiap-siap. Kebetulan yang dipilih memang sumberlele yang juga dipersiapkan untuk lomba desa tahun 2013 ini. Jadi bagi desa tim Dinas Kesehatan ini try-out sebelum pertandingan sesungguhnya tiba. Ada beberapa hal yang ingin saya perbaiki sesuai dengan pengalaman saya di Kecamatan Krejengan, seperti harusnya ada Menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Desa Siaga. Itu akan sedikitnya membangkitkan semangat dari kader-kader yang akan dibina oleh temen-temen kabupaten. Sedangkan untuk administrasi saya malah belum menguasai data. Apalagi untuk kriteria desi yang baru sekarang sudah agak berbeda. Juga UKBM ada beberapa perubahan yang ingin saya lihat lebih jauh di data yang ada di Puskesmas Kraksaan.

BB 9810 024

Suatu saat saya akan minta kesempatan untuk desa sumberlele agar bisa pembinaan dari Puskesmas saja tanpa ada persiapan yang terlalu berlebihan. Demikian sekilas laporan kegiatan.

[draguscn]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s