Penyusunan Buku kegawatdaruratan psikiatrik

BB 9810 009b

Dua hari ini berada di Surabaya untuk mengikuti undangan dari Kementrian Kesehatan. Maksud undangan ini adalah untuk mendapatkan bagaimana aplikasi draft Buku Pedoman Kegawatdaruratan Jiwa yang disusun untuk diterapkan di Puskesmas, karena itu yang berkumpul adalah Dokter Puskesmas adan petugas-petugas (perawat) yang menanggungjawabi Pelayanan Kesehatan Jiwa.

Bagi Puskesmas Kraksaan mungkin belum sama sekali ada kepentingannya saya dikirim saat ini karena :

  • Rumah sakit masih teramat dekat dengan Puskesmas, sehingga kegawatdaruratan termasuk kegawatdaruratan jiwa yang membahayakan nyawa pasti akan lebih dirujuk ke rumah sakit.

  • Begitu pula keadaan di masyarakat yang saat ini tidak merasakan pentingnya pengobatan jiwa. Sehingga seringkali penderita gangguan jiwa disembunyikan. Tahun bebas pasung jelas cuma angan-angan disini.
  • Dan puskesmas kraksaan belum mempunyai program pengembangan ke arah Kesehatan Jiwa yang bisa diunggulkan. Satu-satunya alasan kenapa saya yang dikirim ke acara ini tentu saja karena saya mantan Kapus Krejengan yang waktu itu menggegerkan dengan program kesehatan jiwanya karena kami mengumpulkan cukup banyak penderita psikosa dan mendapatkan bantuan pemeriksaan dari Rumah Sakit Lawang.

Penyusunan Buku Kegawatdaruratan Psikiatrik 2013

Setelah acara ngebis 4 jam dan nemuin remote segede alaihim di dalam kamar hotel. Saya dan teman sejawat yang sudah cukup senior mulai mengikuti acara yang digelar dari sore hari itu.

Namun ternyata kami harus menunggu sampai dengan malam hari baru acara di mulai karena temen-temen pembicara yang sedianya datang dari kementrian belum datang.

Penyusunan Buku Kegawatdaruratan Psikiatrik 20131

Menjelang jam 20.00 barulah acara dimulai. Tidak terlalu serius. Bahkan jadi lebih banyak berbincang karena bertemu teman-teman lama. Besoknya barulah kami benar-benar membahas isi buku. Di bagi 4 sesi. Dan berakhir di jam 15.00. Tinggal tunggu draft siap cetaknya.

[draguscn]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s