Sibuk seharian ..

Bikin Laporan Harian

Jadi kepikiran pengen bikin buku harian tugas kepala puskesmas, mulanya mau beneran dimasukkan dalam buku. Tapi setelah itu kepikiran kenapa ngga dimasukkan dalam blog ini saja. Jadilah dokumentasi undangan-undangan dan surat-surat masuk lainnya yang sudah didapatkan menjadi gampang karena tinggal discan saja. Nanti di rumah saja membuat laporannya. Ternyata walaupun baru 2 mingguan di Puskesmas Kraksaan, sudah cukup banyak surat yang saya disposisi, undangan-undangan yang dihadiri pribadi maupun yang dihadiri oleh staf.

Menerima Laporan Rapat Adipura

Pertama yang datang adalah, Mba Rum, pelaksana program Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan. Laporan yang disampaikan adalah tentang kondisi persiapan penilaian Adipura Kota Kraksaan. Rapat ini sebenernya pengen saya hadiri sendiri. Tapi bertepatan dengan rapat lainnya di Pemda, Dringu – maka akhirnya saya wakilkan. Sebagaimana pembinaan yang telah dilakukan maka penilaian yang disampaikan pun kurang lebih tidak meleset jauh

BB 03 13 037

Bagian yang pada penilaian ke-2 tahun 2012 kami tidak punya atau tidak dinilai pada tahun itu sudah terlengkapi, meski masih ada 2 indikator yang tidak bisa dinilai yaitu : drainase dan TPS (tempat pembuangan sementara). dua hal ini memang tidak dimiliki oleh puskesmas. Letak puskesmas yang cukup jauh dari jalan utama, dan penyerapan tanah cukup baik sehingga tidak disediakan drainase. Sedangkan tempat pembuangan sementara letaknya cukup jauh dari lokasi puskesmas.

Namun juga terdapat penurunan penilaian dari indikator pemilahan sampah. Sebenarnya dari keberadaan fasilitas sudah memadai setiap ruangan disediakan tempat sampah, di ruang pelayanan bahkan terdapat tempat sampah medis, non medis, dan masih ditambah dengan safety box untuk jarum suntik. Sedangkan yang menyebabkan terjadinya penurunan nilai adalah karena didalam box sampah organik di ruang tunggu ditemukan sampah plastik. Tentu saja ini berkaitan dengan kebiasaan pasien yang belum memperhatikan tempat sampah yang tepat untuk membuang jenis sampah tersebut. Namun tetap menjadikan penilaian menurun.

Di dalam ruangan penyimpanan vaksin didapatkan needle destroyer, entah kenapa diletakkan di sana. Karena saya yakin harusnya tidak disana maka alatpun dipindah ke ruang pelayanan yang paling banyak mendapatkan pasien injeksi, poli KIA-KB.

Menerima Laporan Rapat Surveilans

BB 03 13 071Bu Nyoman, menyampaikan bahwa SK TRC (Tim Reaksi Cepat) sudah yang paling tepat, puskesmas lain dikembalikan karena masih kurang tepat. Kemudian juga menyampaikan untuk pendataan penyakit mingguan sekarang menggunakan SMS dengan format sebagaimana foto di samping.

Melihat data penyakitnya mungkin yang sering dilaporkan adalah :

A. Diare Akut
C. Tersangka DBD
E. Disentri
Y. ILI

Namun demikian, bu Nyoman juga tidak berani menjamin teman-teman di desa bisa ikut memberikan laporan dengan baik.

Mencari Solusi Pendanaan Kader

Mba Rum juga konsultasi tentang pendanaan insentif kader yang sekarang ternyata kurang dari yang direncanakan. Kraksaan memang memiliki Posyandu yang cukup banyak 74 posyandu. dan 322 kader. Meskipun begitu jumlah kader yang diminta untuk 5 satu posyandu belum tercapai. Baru-baru ini setelah perencanaan BOK selesai, teman-teman Bidan di Desa berminat mencarikan tambahan bagi posyandu yang masih kekurangan kader. Dan yang bisa diajukan sebagai penambahan 10 orang kader menjadi 332. Tentu saja ini membuat bendahara BOK kerepotan. Karena penggantian sudah tidak dimungkinkan lagi sedangkan dana yang mungkin diserap juga cukup besar.

Solusi yang kami sepakati adalah : 10 orang kader ini sementara tidak mendapatkan insentif, tapi akan diberikan pelatihan kader posyandu. Tahun 2014 mereka akan mendapatkan insentif sama dengan yang lain.

Ibu Hamil dengan Retardasi Mental

Agak siang saya dikonsuli tentang penanganan ibu hamil 7 bulan yang  sampai sekarang masih belum bisa dipegang petugas karena menderita Retardasi Mental. Segera teringat untuk mengirim ke temen-temen di Lawang yang katanya membuka pelayanan RM,

[draguscn]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s