bencana banjir lagi

Kali ini 3 kecamatan yang terkena cukup parah, Besuk (Bago), Gading (Wangkal) dan Pakuniran. Memutuskan jembatan dan bahkan melarutkan rumah. Termasuk ngerjain Bupati Probolinggo yang baru saja 4 hari menjabat, Ibu Puput Tantriana Sari, SE. Karena itu meski mendapat kabar cuma sehari sebelumnya kami langsung bersiap memberikan bantuan tenaga untuk acara pengobatan massal yang akan diadakan di 3 kecamatan tersebut. Puskesmas Kraksaan kebagian mendapatkan pos Bago.

Banjir bandang itu terjadi akibat curah hujan yang cukup deras yang mengguyur sisi utara Gunung Argopuro. Di Kecamatan Gading, warga sempat merasa was-was, karena banjir bandang tidak pernah terjadi. “Kami sudah siaga. Siap mengungsi,” ujar Anas warga Desa Prasi, Kecamatan Gading.

Akibat banjir bandang tersebut, jembatan yang menghubungkan Desa Prasi dan Desa Sentul, ambruk sepanjang 5 meter. Tak ayal, akses ruas jalan Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Besuk dan Gading terputus.  Selain itu, tiga ruangan madrasah di Desa Tomangan ambruk karena terbawa arus Sungai Kertosono. Selain itu, empat unit rumah warga juga terseret sungai.

Di Kecamatan Besuk, kerusakan terparah terjadi di Desa Bago. Sedikitnya 28 unit rumah rusak berat, 113 rumah rusak ringan ditambah tembok pagar Masjid Baiturrohman ambruk. Di Wilayah Kecamatan Pakuniran, banjir merusak Desa Ranon. Jembatan gantung terbuat dari besi sepanjang 25 meter hilang terbawa banjir akses jembatan yg menghub Desa Ranon dg Desa Bago. Selain itu, dua lokal Paud Nurul Qodir terhanyut dibawa arus.

Tak hanya bangunan, sedikitnya 150 hektare sawah, terendam air di tiga kecamatan tersebut. Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari yang biasa disapa Tantri Hasan Aminuddin mengaku prihatin dan langsung melakukan rapat terbatas, untuk memperbaiki sarana dan prasarana, setelah diketahui tidak ada korban jiwa. “Saya sudah intruksikan semua satuan kerja terkait, untuk bekerja maksimal dan Saya sendiri juga turun ke lokasi,” ujarnya.

BB 02 2013 069

Karena ngga terlalu sibuk, tim kesehatan sempat narsis dulu .. hehehehe ..

Sebenernya hari Minggu ini bareng dengan saya pindah-pindahan ke rumah dinas di Kraksaan. Jadilah akhirnya ngga konsen pindah-pindah karena harus terpisah kecamatan.

[draguscn]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s